021-92916067 sales@kliknklik.com

TIPS : Beberapa hal penting sebelum memilih dan membeli laptop

Share it Please
Membeli laptop secara online sudah mulai menjadi trend di kalangan konsumen elektronik di Indonesia. Umumnya setiap konsumen yang akan membeli laptop memilih barang yang akan dibelinya berdasarkan popularitas, fitur, fungsi dan desain. Artikel berikut akan membahas beberapa hal penting yang mungkin akan berguna pada saat anda akan menentukan pilihan dalam membeli laptop.



Desain dan Material
Plastik merupakan material yang umum digunakan sebagai bahan pembuatan frame pada laptop, disamping alumunium dan Magnesium Alloy. Beberapa produsen laptop popular seperti HP, Toshiba dan Acer menggunakan tehnik IMD ( In-Mold Decoration) yaitu sebuah tehnik pembuatan frame laptop dari bahan material plastik dimana pola-pola yang telah didesain sedemikian menarik diinfuskan diantara lapisan plastik framenya, sehingga pola tersebut menjadi tekstur pada frame laptop yang dapat dirasakan dengan menyentuhkan jari anda diatasnya. Bahan material plastik umumnya digunakan pada laptop yang memiliki harga murah (low end).

Sedangkan penggunaan logam pada frame laptop seperti alumunium yang dapat membuat tampilan laptop menjadi mewah dan berukuran tipis dapat kita lihat pada laptop Apple Macbook Pro, HP Pavilion dm4-1160us dan Asus U45Jc-A1. Untuk penggunaan magnesium alloy umumnya ditemukan pada laptop kelas bisnis dan high-end multimedia seperti HP Envy dan Asus A36. Selain allumunium dan magnesium alloy, serat karbon pun sering digunakan dalam pembuatan laptop kelas high-end seperti Acer Ferrari 1100. Laptop yang menggunakan material serat karbon untuk material framenya umumnya memiliki harga yang sangat mahal.

Ukuran Layar
Laptop yang memiliki ukuran layar besar umumnya memiliki bobot yang berat. Namun hal ini tidak berlaku bagi Apple Macbook Pro dan Samsung R450-11, kedua laptop tersebut merupakan 2 contoh laptop yang memiliki ukuran layar besar ( 15 inch) tapi dengan berat cukup ringan ( dalam hal ini lebih ringan daripada laptop lain yang berukuran 14 inch).
Apabila anda tertarik dengan laptop yang memiliki ukuran layar 13 inch dengan performa yang cukup handal Toshiba Portege R705-P35 dan Sony Vaio VPC-Z1390X dapat dijadikan pilihan, Untuk laptop dengan layar berukuran 14 inch Dell Inspiron dan HP Pavilion DM4-1160US menghadirkan kombinasi terbaik antara fitur dan performa dengan berat cukup ringan apabila dibandingkan dengan laptop lain yang berukuran 14 inch lainnya.Sedangkan untuk laptop berukuran 16 inci ke atas umumnya merupakan laptop dengan spesialisasi gaming dan multimedia seperti Acer Aspire AS8943G-6783(18 inch).

Akses Video
Jika sering mengakses dan membuat konten video merupakan alasan utama anda dalam membeli laptop maka anda memerlukan laptop dengan fitur yang dapat mengupgrade hard drive atau memiliki kapasitas hard drive yang besar seperti HP Envy 17 dengan kapasitas penyimpanan data 1TB (Terabyte), umumnya laptop saat ini hadir dengan kapasitas penyimpanan data 320Gb dan 250Gb untuk netbook. Selain membutuhkan hard drive dengan kapasitas besar, teknologi seperti Display Port dan HDMI juga merupakan salah satu faktor untuk menampilkan audio streaming dan video dengan kualitas tinggi. Laptop keluaran Dell yaitu Dell XPS 14 juga dapat dijadikan pilihan karena sudah dilengkapi dengan teknologi tersebut.

Konektivitas
Selain itu fitur konektivitas seperti wifi,Bluetooth dan 3G juga merupakan faktor terpenting pada saat anda akan menentukan laptop pilihan anda, apalagi saat ini telah hadir begitu banyak teknologi yang berhubungan dengan hal tersebut seperti Wimax. Kinerja teknologi Wimax ini hampir mirip dengan 802.11 Wifi hanya saja jangkauan wimax lebih luas dari pada wifi ( wimax memiliki jangkauan dengan cakupan wilayah, berbeda halnya dengan Wifi yang hanya memiliki jangkauan beberapa puluh meter saja.) Salah satu laptop yang telah memiliki fitur Wimax adalah Sony Vaio VPC-EB33FM/BJ, Toshiba satellite A665-S6086 dan Asus A1 K52F.

Optical Drive
Fitur optical drive internal pun kadangkala menjadi keharusan bagi anda yang tidak ingin menggunakan drive eksternal, namun seperti biasa hal tersebut mempengaruhi berat dari laptopnya. Bahkan pada beberapa laptop ada yang sudah memiliki drive blu-ray seperti Samsung R580-JBB2 dan HP Pavilion DV7-1483CL.

Garansi
Umumnya setiap penjualan laptop didukung oleh 1 tahun garansi standar, terkecuali Asus yang menjual laptop dengan garansi standar 2 tahun. Garansi standar memiliki keterbatasan seperti tidak akan diterimanya klaim garansi apabila terjadi kerusakan yang disebabkan oleh minuman yang tumpah ke dalam laptop, laptop terjatuh secara tidak sengaja ataupun kerusakan tombol keyboard yang tertarik hingga copot.

0 comments:

Post a Comment